Tinggal Hitungan Hari, 12 Stadion Ini Akan Menjadi Saksi Perhelatan Piala Dunia 2018

Tinggal Hitungan Hari, 12 Stadion Ini Akan Menjadi Saksi Perhelatan Piala Dunia 2018

Gema Piala Dunia 2018 semakin hari kian semakin terdengar. Bagaimana tidak, hari dimana pertandingan akbar akan berlangsung hanya tinggal hitungan beberapa hari lagi saja. Anda para pecinta sepak bola pasti sudah tidak sabar lagi kan untuk menyaksikan pertandingan ini?

Persiapan demi persiapan yang dilakukan oleh tuan rumah pun sudah hampir mencapai titik puncaknya. Salah satunya adalah mempersiapkan lapangan atau stadion permainan.

Jauh-jauh hari sebelumnya, baik itu jumlah dan lokasi stadion mana-mana saja yang akan digunakan sudah dibahas oleh para pengurus. Jadi, pemilihan tersebut tidak dilakukan secara asal-asalan.

Banyak hal yang harus diperhitungkan sebelum akhirnya menetapkan stadion mana yang nantinya akan dipakai dalam pertandingan Piala Dunia di Rusia tahun ini.

Ada berapa banyakkah stadion yang telah ditetapkan untuk digunakan nantinya? Dimana-mana sajakah letaknya? Tim-tim apa saja yang nantinya akan bertanding di masing-masing lapangan tersebut? Mari kita temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Stadion Yang Akan Digunakan Dalam Piala Dunia 2018

Infrastruktur sepak bola Rusia sampai dengan saat ini telah mengalami transformasi besar-besaran menjelang Piala Dunia 2018. Sekarang negara ini dipenuhi dengan stadion modern yang dibangun atau diperbaharui untuk turnamen yang akan datang.

Sebelumnya ada sekitar 16 stadion yang ditawarkan untuk digunakan. Namun setelah menimbang-nimbang, ternyata panitia penyelenggara memilih 12 stadion saja yang akan dipakai untuk pertandingan.

Sejak ditetapkannya keduabelas lapangan ini, pemerintah Rusia pun mulai melakukan beberapa tindakan perbaikan dan pembangunan untuk membuat bangunan-bangunan tersebut terlihat lebih baik.

Tentu saja hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendukung pelaksanaan World Cup bulan depan. Memang sudah hakikatnya kalau sebagai tuan rumah, Rusia harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin untuk bisa membuat negara-negara lain terkesan, yang pastinya akan hadir untuk menonton dan mendukung tim-tim kebanggaan mereka.

Di antara tanggal 14 Juni dan 15 Juli dimana turnamen akan berlangsung, total sebanyak 12 tempat yang tersebar di hamparan Rusia akan menjadi tuan rumah setidaknya untuk 4 (empat) pertandingan di masing-masing stadion.

Dan setelah melakukan penarikan undian beberapa waktu yang lalu, sebanyak 32 negara telah mengetahui siapa yang akan menjadi lawan bermain mereka dan dimana mereka akan bermain.

Adapun ke-12 stadion yang dimaksud tersebut adalah:

1. Luzhniki Stadium (Moscow)

Stadion Luzhniki adalah satu dari kedua belas lapangan yang nantinya akan digunakan dalam pertandingan di bulan Juni mendatang. Tempat ini dibangun pada tahun 1950-an dan pernah digunakan untuk Olimpiade tahun 1980.

Selain itu, Luzhniki juga sempat menjadi tuan rumah sebagian besar pertandingan yang dimainkan oleh tim nasional Rusia dan di berbagai waktu telah menjadi rumah bagi klub kota Spartak, CSKA dan Torpedo.

Baru-baru ini stadion tersebut juga sempat digunakan untuk melaksanakan pertandingan persahabatan antara tim Rusia dan Argentina.

Setelah dilakukan rekonstruksi besar-besaran, lokasi ini pun kembali di buka dan akan menjadi tempat penyelenggaraan acara pembukaan turnamen pada tanggal 14 Juni dan sekaligus menjadi lokasi pertandingan final pada tanggal 15 Juli. Dengan kata lain, ini akan menjadi tempat pertama sekaligus yang terakhit dari pertandingan piala dunia 2018.

Dari kedua belas stadion yang akan digunakan, Luzhniki merupakan yang terbesar di Rusia. Tempat ini bisa dibilang sudah sangat akrab untuk para penggemar Manchester United dan Chelsea, karena sempat menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertandingan final Liga Champion untuk kedua negara tersebut pada tahun 2008 yang lalu.

Lapangan ini memiliki kapasitas atau dapat menampung jumlah penonton sebanyak 81.006 orang. Adapun beberapa pertandingan yang akan dilaksanakan di stadion ini antara lain:

  • Tanggal 14 Juni : Rusia vs Arab Saudi (Grup A)
  • 17 Juni : Jerman vs Meksiko (Grup F)
  • Tanggal 20 Juni : Portugal vs Maroko (Grup B)
  • 26 Juni : Denmark vs Prancis (Grup C)
  • Tanggal 1 Juli  : 1B vs 2A (16 Besar)
  • 11 Juli : Pemenang pertandingan 59 vs pemenang 60
  • Tanggal 15 Juli : Pertandingan Final

2. Spartak Stadium (Moskow)

Lapangan kedua yang akan digunakan adalah Spartak Stadium di Moskow. Biasanya dikenal sebagai Otkritie Arena. Stadion ini di buka pada tahun 2014 yang lalu.

Entah itu karena kebetulan atau tidak, nama lapangan ini juga sama dengan nama salah satu klub ternama Rusia, yaitu FC Spartak Moscow. Sebelumnya klub ini tidak memiliki stadion mereka sendiri sampai akhirnya tempat ini dibangun.

Awalnya mereka bermain di berbagai pangkalan di Moskow. Setelah berhasil memenangkan 9 dari 10 pertandingan mulai tahun 1992 dan 2001. Mereka juga berhasil mengklaim gelar liga pertama dalam lebih dari 15 tahun di tahun 2016-2017.

Ini adalah salah satu dari empat tempat yang pernah digunakan untuk pelaksanaan Piala Konfederasi pada tahun 2017 lalu. Salah satu fitur unik dari tempat tersebut adalah patung lifesize dari saudara Starostin, yang merupakan pendiri klub, yang menjadi salah satu tujuan pembangunan atau pendirian lapangan stadion ini.

Kapasitas yang dapat ditampung di dalam lapangan ini adalah sekitar 45.360 orang. Adapun tim yang akan ditandingkan di tempat ini, antara lain:

  • Tanggal 16 Juni : Argentina vs Islandia (Grup D)
  • 19 Juni : Polandia vs Senegal (Grup H)
  • Tanggal 23 Juni : Belgia vs Tunisia (Grup B)
  • 26 Juni : Serbia vs Brasil (Grup C)
  • Tanggal 3 Juli : 1H (winner) vs 2G (runner) – match 56

3. Kazan Arena (Kazan)

Kazan merupakan ibu kota dari Republik Tartastan, yang dihuni oleh sekitar 1,2 juta orang. Stadion ini sebelumnya dibangun untuk World University Games pada tahun 2013 dan merupakan rumah bagi klub lokal Rubin Kazan.

Tempat ini dirancang oleh perusahaan arsitek yang sama dengan yang membangun Stadion Wembley dan Stadion Emirates. Stadion ini terkenal karena memiliki layar luar terbesar di Eropa, yang bisa memainkan gambar berjalan, yang diletakkan di satu sisi dinding luarnya.

Kazan Arena ini juga sempat terpilih menjadi tuan rumah semi final penyelenggaraan Piala Konfederasi. Dan kali ini, tempat tersebut akan kembali digunakan untuk turnamen akbar yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Adapun kapasitas orang yang bisa ditampung di dalamnya adalah sekitar 45.379 orang.

Beberapa pertandingan yang akan dilaksanakan di tempat ini adalah:

  • 16 Juni : Perancis vs Australia (Grup C)
  • Tanggal 20 Juni : Irak vs Spanyol (Grup B)
  • 24 Juni : Polandia vs Kolombia (Grup H)
  • Tanggal 27 Juni : Korea Selatan vs Jerman (Grup F)
  • 30 Juni : 1C (winner) vs 2D (runner) – match 50
  • Tanggal 6 Juli : pemenang match 53 vs pemenang match 54  (Quarter Final)

4. Samara Arena 

Pembangunan Samara Arena atau yang juga dikenal sebagai Cosmos Arena (di luar Piala dunia) kabarnya akan segera selesai sebentar lagi, tepatnya sebelum pelaksanaan turnamen sepak bola dunia yang akan segera diselenggarakan pada bulan Juni mendatang.

Ini merupakan rumah bagi para tim FC Kylia Sovetov. Dulunya, tempat ini merupakan kantor negara Rusia ketika mereka dievakuasi dari Moskow selama Perang Dunia II.

Stadion sepak bola tersebut dibangun dengan bentuk menyerupai sebuah kubah kaca, sebagai bentuk penghormatan kepada Samara yang sudah berperan besar dalam program eksploitasi ruang angkasa Uni Soviet dan bisnis kedirgantaraan dan penelitian di kota tersebut.

Beberapa waktu yang lalu, stadion ini mengalami kebakaran, tepatnya pada bulan Agustus dan menyebabkan penundaan pembangunan. Namun meskipun begitu, para pejabat Rusia yakin bahwa stadiun tersebut akan tetap dibangun sesuai jadwalnya. Dan ternyata hal tersebut berhasil diwujudkan di tahun ini.

Kini lapangan tersebut akan dipakai untuk beberapa pertandingan di ajang World Cup 2018, yang diketahui dapat menampung sebanyak 45.568 orang. Samara Arena akan dipakai untuk melaksanakan sejumlah pertandingan, seperti:

  • 17 Juni : Kosta Rika vs Serbia
  • Tanggal 21 Juni : Denmark vs Australia (Grup C)
  • 25 Juni : Uruguay vs Rusia (Grup A)
  • Tanggal 28 Juni : Senegal vs Kolombia (Grup H)
  • 2 Juli : 1E (winner) vs 2F (runner) – match 53
  • Tanggal 7 Juli : Pemenang pertandingan 55 vs pemenang 56 – Pertandingan 60

5. Mordovia Arena (Saransk)

Mordovia adalah sebuah republik yang dihuni oleh lebih dari 800.000 orang, yang letaknya sekitar 500 kilometer tenggara Moskow, tetapi masih merupakan bagian dari Federasi Rusia.

Stadion baru ini akan menjadi rumah bagi klub FC Mordovia Saransk, yaitu sebuah klub yang dibentuk oleh penggabungan dua tim lokal pada tahun 2005.

Walaupun lapangan ini memiliki kapasitas yang mencapai 45.000 untuk Piala Dunia, namun tampaknya jumlah tersebut akan dikurangi menjadi 28.000 setelah turnamen, supaya menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan penyewa tetapnya, dengan ruang bebas untuk olahraga dalam ruangan lainnya di kompleks yang sama.

Stadion ini dibuka pada tanggal 21 April, yang dimulai dengan melakukan pertandingan uji coba. Konstruksi di Mordovia Arena dan infrastrukturnya telah dimulai sejak tahun 2010 lalu.

Di tempat ini akan berlangsung turnamen yang akan melibatkan tim-tim berikut:

  • 16 Juni : Peru vs Denmark (Grup C)
  • Tanggal 19 Juni : Kolombia vs Jepang (Grup H)
  • 25 Juni : Iran vs Portugal (Grup B)
  • Tanggal 28 Juni : Panama vs Tunisia (Grup G)

6. Rostov Arena

Stadion selanjutnya yang akan digunakan adalah Rostov Arena. Lapangan ini terletak di tepi Sungai Don, yang terletak 1.000 kilometer di Selatan Moskow dan akan menjadi rumah bagi klub FC Rostov.

Bangunan ini kabarnya telah selesai dibangun pada bulan September 2017, dengan penambahan sejumlah kursi. Lapangan ini terletak 1.000 kilometer di selatan Moskow.

Meskipun belum pernah memenangkan gelar liga, Rostov hampir saja menyelesaikan dua poin dibelakang CSKA Moskow pada tahun 2015-2016. Stadion dan taman yang berdekatan ini akan dibuka pada Mei 2018 dan mencakup lebih dari tujuh kilometer jalur sepeda, trotoar pejalan kaki dan area hijau.

Stadion yang dapat menampung sekitar 45.000 orang di dalamnya ini kabarnya akan dipindahkan setelah turnamen. Adapun pertandingan yang akan dimainkan di lapangan ini adalah:

  • 17 Juni : Brasil vs Swiss (Grup E)
  • Tanggal 20 Juni : Uruguay vs Arab Saudi (Grup A)
  • 23 Juni : Korea Selatan vs Meksiko (Grup F)
  • Tanggal 26 Juni : Islandia vs Kroasia (Grup D)
  • 2 Juli : 1G vs 2H (Pertandingan 54)

7. Fisht Stadium (Sochi)

Ini adalah stadion yang terletak di sebuah kota resort di tepi Sea Black (laut hitam), yang sempat menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin tahun 2014. Bisa dibilang stadion ini memang sengaja dibangun untuk Olimpiade tersebut.

Stadion yang dinamakan Fisht ini merupakan sebuah proyek paling menarik di Rusia untuk Piala Dunia dan merupakan arena tertutup di dalam ruangan. 

Karena dimanfaatkan untuk beberapa turnamen lain (seperti Piala Konfederasi misalnya), tempat ini akhirnya diubah menjadi stadion sepak bola terbuka yang mememuhi peraturan FIFA.

Karena tanah dimana lapangan ini dibangun adalah milik Pemerintah Rusia, maka ini bukanlah rumah bagi tim-tim klub tertentu. Dengan kata lain, tempat ini akan menjadi tempat pelatihan dan pertandingan untuk tim nasional Rusia setelah Final 2018.

Jumlah orang yang bisa ditampung di dalam stadion tersebut adalah sebanyak 47.659 orang. Nantinya, tempat ini akan mempertemukan beberapa tim, yang diantaranya :

  • 15 Juni : Portugal vs Spanyol (Grup B)
  • Tanggal 18 Juni : Belgia vs Panama (grup G)
  • 23 Juni : Jerman vs Swedia (Grup F)
  • Tanggal 26 Juni : Australia vs Peru (Grup C)
  • 30 Juni : 1A vs 2B (Pertandingan 49)

8. Ekaterinburg Arena

Tidak diragukan lagi kalau ini adalah stadion paling aneh yang pernah dibangun di Rusia untuk Piala Dunia. Dikenal sebagai Stadion Pusat di Yekaterinburg.

Tahukah anda kenapa? Karena bangunan itu sebelumnya adalah tempat serbaguna yang baru saja direnovasi, dimana proses renovasi tersebut membutuhkan perombakan besar-besran dan lengkap untuk mendukung perayaan Piala Dunia.

Ini adalah lokasi pertandingan yang berada di bagian paling timur kota, yang terletak di kaki pegunungan Ural. Ini adalah tempat dimana anggota kerajaan dieksekusi setelah Revolusi pada bulan Oktober 1917.  Stadion Ekaterinburg pertama kali di bangun pada tahun 1953. 

Setelah turnamen akbar ini selesai, selanjutnya tempat itu akan digunakan oleh FC Ural Yekaterinburg. Sebelum dikurangi kapasitasnya menjadi 25.000 setelah turnamen, bangunan ini sanggup menampung sekitar 35.000 penggemar selama Piala Dunia.

Stadion ini nantinya akan dipakai untuk 3 (tiga) pertandingan, seperti:

  • 15 Juni : Mesir vs Uruguay (Grup A)
  • Tanggal 21 Juni : Prancis vs Peru (Grup C)
  • 24 Juni : Jepang vs Senegal (Grup H)

9. Volgograd Arena

Ini adalah salah satu bangunan baru yang dirancang khusus untuk pelaksanaan Piala Dunia dan juga akan menjadi stadion rumah bagi tim FC Rotor Volgograd. Stadion tersebut dibangun di atas sebuah Stadion Pusat Tua Rotor, yang telah dihancurkan pada tahun 2014.

Anehnya, meskipun terbilang baru, bangunan dari stadion ini relatif besar dan memiliki desain kisi-kisi eyecatching yang mengesankan. Tempat nantinya tidak akan menjadi tuan rumah pertandingan knockout. Hal ini mungkin ada hubungannya dengan lokasinya yang berjarak hampir 1.000 kilometer di selatan Moskow.

Kota dimana bangunan ini berada dulunya dikenal sebagai Stalingrad ini merupakan tempat salah satu pertempuran paling penting saat Perang Dunia II, yang kini menjadi pusat industri bagi satu juta penduduk.

Kalau tidak menjadi tuan rumah knockout, lantas untuk pertandingan apa saja ini digunakan nantinya? Kabarnya, tempat ini hanya akan digunakan untuk melaksanakan 2 (dua) pertandingan saja, yaitu :

  • Tanggal 18 Juni : Tunisia vs Inggris (Grup G)
  • 22 Juni : Nigeria vs Islandia (Grup D)

Bangunan stadion baru ini bisa memiliki kapasitas yang cukup besar dan bisa menampung sebanyak 45.568 orang.

10. Nizhny Novgorod Stadium

Stadion lain di Rusia yang letaknya berada di tepi sungai adalah Nizhny Novgorod Stadium, yang terletak di pertemuan sungai Volga dan Oka, tepatnya di sebelah Katedral Alexander Nevsky dan di seberang perairan Nizhny Novgorod Kremlin. 

Letaknya yang seperi itu membuat bangunan tersebut terkesan memiliki latar belakang yang menakjubkan. Selain itu, Nizhny Novgorod juga menjadi kota komersial yang penting sejak abad ke-19.

Setelah turnamen World Cup tahun ini selesai, ini akan menjadi stadion FC Olimpiyets Nizhny Novgorod. Tim ini pernah dipromosikan ke tingkat kedua Rusia pada tahun 2016-2017 dan telah menjadi klub top kota setelah pembubaran FC Volga Nizhny Novgorod.

Rumput -rumput di stadion ini mulai dipasang pada bulan Agustus 2017 setelah periode pengujian yang sukses di Skotlandia. Mereka juga membangun fasilitas pelatihan baru dan ruang praktik atau latihan yang akan digunakan oleh anak-anak dan tim olahraga lokal setelah Piala Dunia.

Jumlah penonton atau orang yang bisa ditampung di dalam bangunan ini adalah sekitar 44.899 orang. Nantinya ini akan digunakan untuk melaksanakan 6 (enam) pertandingan, yang terdiri dari :

  • Tanggal 18 Juni : Swedia vs Korea Selatan (Grup F)
  • 21 Juni : Argentina vs Kroasia (Grup D)
  • Tanggal 24 Juni : Inggris vs Panama (Grup G)
  • 27 Juni : Swiss vs Kosta Rika (Grup E)
  • Tanggal 1 Juli : 1 D vs 2C (Pertandingan 52)
  • 6 Juli : Pemenang match 49 vs pemenang 50 (Pertandingan 57)

11. Kaliningrad Stadium

Kaliningrad adalah tempat yang paling unik di antara kota-kota tuan rumah Piala Dunia 2018 lainnya di Rusia. Sebenarnya lokasi ini bukanlah bagian dari daratan Rusia, melainkan berada di dalam eksklave (negara atau bagian negara yang dikelilingi oleh wilayah suatu negara lain) antara Polandia dan Lithuania.

Letaknya hanya sedikit lebih ke timur daripada Stockholm dan Warsawa. Bangunan ini akan menampung lebih dari 35.000 penggemar pada turnamen mendatang.

Kapasitas tersebut akan dikurangi menjadi 25.000 stelah pertandingan dan menjadi rumah baru untuk klub FC Baltika Kaliningrad, yang bermain di tingkat kedua di Arena Baltika.

Stadion ini dibuka secara resmi pada bulan Maret, yang harusnya diawali dengan pertandingan persahabatan antara Baltika dan klub Jerman Schalke. Akan tetapi pertandingan itu dibatalkan karena kondisi cuaca yang ekstrem.

Bangunan ini akan dipakai untuk melaksanakan pertandingan antara :

  • 16 Juni : Kroasia vs Nigeria (Grup D)
  • Tanggal 22 Juni : Serbia vs Swiss (Grup E)
  • 25 Juni : Spanyol vs Maroko (Grup B)
  • Tanggal 28 Juni : Inggris vs Belgia (Grup G)

12. Saint Petersburg Stadium 

Stadion terakhir yang nantinya akan digunakan dalam turnamen adalah Saint Petersburg Stadium. Jika sebelumnya anda pikir konstruksi stadion Brasil jauh lebih lancar dibandingkan dengan Rusia, kelihatannya sebentar lagi anda akan segera mengubah pemikiran tersebut.

Dulunya, stadion ini dikenal dengan nama stadion Zenit’s New Krestovsky. Namun kini bangunan tersebut dikenal sebagai Stadion Saint Petersburg untuk turnamen FIFA.

Ketika anda melihat bangunannya, maka bersiaplah untuk terpukau dan merasa takjub. Stadion tersebut memiliki kenampakan yang luar biasa dan memang sudah seharusnya begitu, mengingat pembangunannya menghabiskan waktu yang sangat lama dan biaya yang besar-besaran.

Sebelumnya lapangan ini sempat menjadi tuan rumah final Piala Konfederasi. Dan kini akan dipakai untuk melangsungkan sejumlah pertandingan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • 15 Juni : Maroko vs Iran (Grup B)
  • Tanggal 19 Juni : Rusia vs Mesir (Grup A)
  • 22 Juni : Brasil vs Kosta Rika (Grup E)
  • Tanggal 26 Juni : Nigeria vs Argentina (Grup D)
  • 3 Juli : 1F vs 2E (Pertandingan 55)
  • Tanggal 10 Juli : Pemenang pertandingan 57 vs pertandingan pemenang 58
  • 14 Juli : Third-Place Play-Off

Memiliki bentuk bangunan yang besar dan luas, lapangan tersebut bisa menampung 68.136 orang.

Itulah daftar kedua belas stadion yang nantinya akan dipakai untuk menyelenggarakan turnamen World Cup 2018 yang akan kita sambut bersama pada bulan Juni mendatang. 12 stadion yang telah kami sebutkan tadi akan menampung sebanyak 64 pertandingan. 

Nah, dari kedua belas stadion yang ada, sudah tahukah anda dimana tim kesayangan anda akan bermain? Apakah ada niat terdalam dari hati anda untuk mendatangi salah satu stadion di atas untuk menyaksikan pertandingan yang anda sukai secara langsung?

Kalau anda punya budget yang cukup, kenapa tidak? Benar nggak sih? Tapi kalau pun tidak ada, menyaksikannya dari layar televisi di rumah pun nggak kalah seru kok.

Baiklah, sampai di sini dulu penjelasan yang bisa kami sampaikan seputar tempat atau lokasi lapangan yang dipakai untuk turnamen Piala Dunia tahun ini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.