Layaknya Smartphone, Helm Pintar Ini Juga Punya Fitur Telepon dan Musik

Layaknya Smartphone, Helm Pintar Ini Juga Punya Fitur Telepon dan Musik

Hingga saat ini, teknologi telah mengalami banyak perkembangan dari yang sebelum-sebelumnya, bahkan bisa dibilang perkembangannya terjadi dengan sangat cepat. Contoh yang bisa anda lihat langsung adalah dari banyaknya keluaran gadget-gadget baru dan canggih yang ada di pasar.

Pertumbuhan yang pesat ini bahkan membuat banyak diantara anda yang menjadi kewalahan untuk mengikutinya. Benar nggak? Itupun hanya orang-orang tertentu saja yang bisa merasakan perkembangan tersebut. Lantas, bagaimana dengan nasib yang lainnya?

Beberapa diantaranya bahkan harus menyisihkan uang jajan untuk mendapatkan gadget keluaran terbaru yang mereka inginkan. Tapi sayangnya, ketika mereka sudah capek-capek menabung cukup uang dengan susah payah supaya bisa membeli gadget baru tersebut, tiba-tiba saja model yang lebih baru lagi, lebih baik, lebih cepat, lebih ramping, masuk ke pasar.

Anda bisa bayangkan nggak bagaimana rasanya jika anda berada di posisi tersebut? Kesal dan sedih pasti lah ya kan. Secara di zaman moderen seperti sekarang ini, siapa sih yang mau ketinggalan mode?

Apalagi untuk mereka yang hidup dan tinggal diperkotaan yang mengharuskan mereka tampil eksis dan berlomba untuk mendapatkan status sosial di dalam kehidupan pergaulan mereka.

Jepang Hadirkan Helm Pintar Untuk Pengendara Motor

Tak hanya dalam alat komunikasi, kemajuan teknologi juga merambah ke segala aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam dunia otomotif.

Pada tanggal 13 September, perusahaan Borderless Inc. yang berbasis di Tokyo, Jepang meluncurkan Kickstarter (sebuah platform pendanaan untuk proyek-proyek kreatif) untuk desain terbarunya, yang diberi nama CrossHelmet X1.

CrossHelmet X1 ini merupakan sebuah helm cerdas yang dilengkapi dengan layar kepala terintegrasi (HUD) dengan bidang pandang 360 derajat, kontrol suara ambien dan dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth ke ponsel cerdas anda.

Kampanye pendanaan crowdfunding ini telah mencapai dana yang lebih dari $ 277.000, yaitu hampir tiga kali dari tujuan yang ingin dicapai dan saat itu jumlah tersebut terus mengalami peningkatan.

Awal Mula Rencana Penciptaan Helm CrossHelmet X1

Jika temuan teknologi helm ini masih terdengar agak asing untuk anda, itu adalah sesutau yang wajar. Beberapa waktu yang lalu, Industri sepeda motor juga telah melihat hal serupa pada helm AR-1 Skully.

Skully AR-1 sendiri merupakan helm dengan fitur yang mirip dengan CrossHelmet, yang dianggap berpotensi merevolusi industri helm sepeda motor.

Skully Inc. selaku perusahaan yang merilis jenis helm ini mampu mengumpulkan dana sebesar $ 2,4 juta melalui Indiegogo, yaitu platform crowfunding yang sering menjadi sumber dana untuk teknologi terobosan terbaru. Mereka juga mendapatkan tambahan dana sebesar $ 11 juta dari investor.

Namun sayangnya, menurut kabar yang didapat dana tersebut malah disalahgunakan untuk kepintangan pribada, yang pada akhirnya membuat perusahaan jatuh atau bangkrut.

Sebuah perusahaan baru dengan kepemilikan yang berbeda, yaitu Skully Technologies, (jangan disamakan dengan Skully Inc.) telah mengakuisisi semua aset dan rencana perusahaan sebelumnya, yaitu untuk menghidupkan kembali proyek helm Skully.

Kendati mereka tidak memiliki tanggung jawab formal kepada investor yang uangnya disia-siakan, perusahaan tersebut baru saja meluncurkan kampanye “Make It Right“, dimana mereka akan berusaha untuk memenuhi semua janji kampanye Indiegogo terdahulu yang dibuat oleh Skully Inc. yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi.

Mengingat kerugian jutaan dollar yang pernah terjadi sebelumnya, membuat para investor merasa berat untuk membantu dan bersikap skeptisisme (sifat yang mencurigai sesuatu).

Namun Arata Oono, yang merupakan pendiri dan CEO Borderless Inc., yang dinilai memiliki disiplin yang lebih eksponensial daripada CEO Skully, mencoba menggoda minat investor untuk membuka dompet mereka agar bisa membawa CrossHelmet X1 ke ranah produksi.

Tidak seperti produk HUD lainnya yang saat ini tersedia seperti NUVIZ, CrossHelmet X1 yang akan diciptakan ini meng-integrasikan semua teknologi di dalam helm.

Fitur-Fitur Pelengkap di Dalam Helm Buatan Borderless Inc

Tak seperti helm-helm yang biasa anda gunakan saat ini, helm yang diberi nama CrossHelmet X1 ini disematkan berbagai fitur teknologi canggih yang menawan. Kalau dilihat dari bentuknya, sebenarnya tidak jauh berbeda dari helm yang sudah ada.

Daripada anda merasa penasaran dengan teknologi apa-apa saja yang dimiliki oleh helm ini, yuk langsung saja temukan jawabannya di bawah ini:

1. Memiliki Visibilitas Sejauh 360 derajat

Fitur yang paling menonjol yang terdapat pada helm canggih ini adalah keberadaan kamera belakang dengan lensa yang menawarkan tampilan 170 derajat di belakang pengendara, yang dipasangkan dengan pelindung depan wide view, yang menghilangkan bintik-bintik buta dan memberikan sekitar 30 derajat lebih penglihatan perifer di atas helm biasa.

Gabungan dari teknologi ini memungkinkan helm X1 menawarkan bidang pandang sejauh 360 derajat.

Perusahaan percaya bahwa penglihatan belakang merupakan bagian penting dalam meningkatkan keamanan pengendara. Itu sebabnya CrossHelmet dilengkapi dengan rear view camera, yang dikombinasikan dengan wide-view visor yang memungkinkan lebih banyak penglihatan di jalan seperti yang disebutkan di atas tadi.

2. Head-up Display

Dengan tampilan teknologi tinggi yang dikemas ke masing-masing sisi HUD, ketika menggunakan helm ini anda dapat melihat dengan jelas situasi yang ada di belakang anda.

3. Dilengkapi Dengan Data Pendukung

Selain anda bisa mengetahui segala sesuatu yang terjadi di belakang anda, dengan CrossHelmet ini anda sebagai pengendara bisa dengan mudah mengakses informasi perjalanan yang relevan, seperti cuaca, suhu dan arah kompas.

Statistik seperti konektivitas jaringan dan tingkat baterai juga akan ditunjukkan, yang ditambah dengan step by step waypoint, jarak dan waktu ke tujuan. Semuanya itu akan ditampilkan pada lensa bifokal yang transparan dan dapat dilipat.

4. Manajemen Suara 

Selain ketiga fitur di atas, helm ini juga bisa memiliki manajemen suara, dimana anda bisa mendengarkan musik dan mengirim atau menerima panggilan telepon dengan kualitas suara.

Manajemen suara yang dimaksud terdiri dari:

  • Control suara silang (cross sound control) 

CrossSound Control disebut juga sistem kontrol kebisingan unik CrossHelmet adalah yang pertama digunakan di dalam industri sepeda motor. Fitur tersebut dirancang untuk mengurangi atau meningkatkan suara lingkungan, tergantung pada kebutuhan pengendara.

Pengendara juga bisa membatasi kebisingan jalan, mesin dan angin di lingkungan perkotaan, dimana suara-suara ini merupakan faktor yang paling bertanggung jawab atas kelelahan yang dirasakan pengendara selama berada di jalan.

  • Group Talk

Fitur group talk ini akan memungkinkan para pengendara untuk melakukan percakapan dengan anggota grup mereka yang lainnya, sehingga mereka bisa saling berbagi lokasi, rute, foto dan video.

Bukan hanya untuk para pengendara yang menggunakan CrossHelmet saja, anggota grup yang tidak menggunakan helm ini juga bisa melakukan percakapan dengan mereka selama mereka memiliki perangkat bluetooth.

  • SIRI, yaitu Google Assistant untuk seluruh pengendara

Aktivasi asisten satu sentuhan ini akan memungkinkan anda untuk melakukan kontrol suara. Siri adalah asisten pribadi pintar, yang akan membantu anda untuk menyelesaikan segala sesuatu, cukup dengan hanya memintanya saja.

Siri ini akan memungkinkan anda menggunakan suara anda untuk mengirim pesan, jadwal pertemuan, melakukan panggilan telepon dan lain sebagainya.

Fitur ini tidak seperti perangkat lunak pengenalan suara konvensional, yang mengharuskan anda untuk mengingat kata kunci dan menyebutkan perintah tertentu. Siri mengerti suara natural yang anda keluarkan.

  • Musik, Podcasts dan Panggilan Telepon

Anda bisa mendengarkan musik, radio, podcast dan melakukan atau menerima panggilan dengan suara berkualitas tinggi melalui speaker interior yang ada di dalam helm yang anda kenakan.

5. Dilengkapi Dengan Fungsi Smartphone 

CrossHelmet memiliki kemampuan yang bisa menghubungkan telepon anda melalui Bluetooth dengan helm tersebut, dengan tujuan untuk mendapatkan konektivitas yang mulus dan aman.

Melaksanakan fungsi penting smartphone dan HUD dapat dilakukan melalui panel sentuh helm, yang tersembunyi untuk penggunaan yang lebih mudah, aman dan intuitif.

CrossHelmet ini bisa dihadirkan pada aplikasi smartphone yang tersedia di iOS dan Android, yang menyediakan akses ke banyak fitur helm X1.

Apakah Helm CrossHelmet X1 Ini Cukup Aman Untuk Digunakan?

Bukan hanya fitur teknologi canggih di atas, CrossHelmet tersebut juga telah memenuhi standar keamanan DOT, ECE dan JIS serta menggunakan baterai lithium-keramik solid-state, yang menurut perancangnya tidak akan meledak secara spontan atau tiba-tiba.

Dengan menggunakan teknologi baterai mutakhir tersebut, maka tidak akan terjadi kebocoran, asap api atau bahkan ledakan setelah mendapatkan perlakuan fisik seperti ditusuk atau karena terjadinya kerusakan thermal.

LED yang dipasang di kedua sisi helm juga akan meningkatkan visibilitas saat berkendara di malam hari. Jadi sangat aman untuk digunakan meskipun di malam hari.

Perusahaan pencipta helm ajaib ini mengatakan kalau mereka bekerja sama dengan mitra manufaktur yang berpengalaman, sumber daya yang terpercaya, serta menggunakan fasilitas yang canggih, untuk memastikan helm tersebut telah memenuhi standar keselamatan yang dipersyaratkan setiap negara.

Untuk meningkatkan kekuatan struktural CrossHelmet, mereka juga menggunakan arsitektur yang tebal dan maju, yang biasanya digunakan di industri balap otomotif.

Kelemahan Helm CrossHelmet X1

Karena menyajikan berbagai fitur canggih, tak usah heran jika teknologi ini akan membutuhkan biaya yang besar pula dalam pembuatannya. Dan karena itu pula helm tersebut kemungkinan juga akan dihargai dengan nilai atau jumlah yang tidak sedikit.

Selain harganya yang relatif tinggi, kelemahan lain pada helm ini terletak pada gaya dan fitur futuristik yang kemungkinan akan memolarisasi beberapa pengendara, terutama bagi pengendara yang lebih tua yang menikmati isolasi, suara dan sensasi pendahuluan yang berasal dari perjalanan yang dilakukan.

Jika semua berjalan sesuai rencana dan investasi berlanjut dengan baik, langkah selanjutnya yang akan ditempuh adalah tahap produksi. Ekspektasi tanggal pengiriman yang diharapkan untuk CrossHelmet X1 ini adalah pada musim gugur atau musim dingin di tahun 2018 ini.

Gimana wahai anak muda?Tak tertarik kah anda dengan helm pintar yang satu ini? Kalau helm ini benar-benar sudah dirilis, maukah anda membelinya? Kalau anda benar-benar tertarik, mulai saat ini nabung dulu ya guys. Harga helm ini nggak seperti helm-helm biasanya lo.

Jadi, kalau anda mau memilikinya, ya paling tidak sisihkan deh sedikit uang malam minggunya. Masih ada waktu kok untuk nabung guys. Hehe..