Stok Minyak Bumi Semakin Langka, Energi Alternatif Siap Jadi Bahan Bakar Pengganti

Stok Minyak Bumi Semakin Langka, Energi Alternatif Siap Jadi Bahan Bakar Pengganti

Semakin hari permintaan kebutuhan akan bahan bakar kendaraan kian semakin tinggi. Kita tak pernah tahu sampai kapan kita bisa mempertahankan keberadaan bahan bakar tersebut, karena seperti yang kita semua ketahui, minyak yang merupakan bahan bakar sebagian besar kendaraan merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui.

Artinya, bahan bakar tersebut mungkin akan segera habis atau punah. Kita tidak tahu kapan pastinya SDA tersebut akan habis, tapi yang pasti itu akan terjadi cepat atau lambat. Krisis akan bahan bakar ini tidak hanya akan dialami oleh masyarakat Indonesia saja, tapi oleh seluruh dunia.

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini? Ini adalah pertanyaan umum yang telah menjadi bahan perbincangan dan perdebatan hampir di seluruh negara di dunia. Tak ada satu negara pun yang hanya berdiam diri melihat dan membiarkan kemungkinan buruk ini terjadi di masa depan.

Sebagai makhluk yang dikarunia dengan akal dan pikiran, manusia telah memikirkan cara untuk keluar dari masalah ini sejak bertahun-tahun lalu. Segala macam solusi dan cara pun mereka ciptakan. Salah satunya adalah dengan menciptakan energi atau sumber alternatif.

Energi alternatif ini mungkin memang tak sekuat energi yang dipakai sebelumnya, tapi setidaknya ini bisa sedikit membantu kita untuk mengurangi pemakaian sumber daya alam (SDA) yang ada, seperti penggunaan bahan bakar minyak misalnya.

Supaya anda lebih paham apa dan bagaimana pemakaian sumber pemakaian energi alternatif pada kendaraan yang kami maksud tersebut, kami akan memberikan uraian atau penjelasannya di bawah ini.

Pengaruh Jumlah Kendaraan Terhadap Penggunaan SDA

Sebelum kita masuk kepada penggunaan berbagai energi alternatif pada kendaraan, kami ingin menanyakan sebuah pertanyaan untuk anda. Pertanyaannya adalah sebagai berikut:

  • Bisakah anda sebutkan ada berapa banyak kendaraan yang anda miliki di rumah? Kalau anda memiliki lebigh dari satu, coba sebutkan kendaraan jenis apa sajakah itu?
  • Dalam seminggu atau sebulan, berapa kali anda mengisi bahan bakarnya?
  • Untuk sekali pengisian bahan bakar, berapa liter minyak kah yang anda anda perlukan?

Setelah mengetahui jawabannya, coba anda pikirkan atau bayangkan berapa banyak (total liter) bahan bakar yang telah anda habiskan dalam sebulan atau setahun? Saat anda menghitungnya, anda pasti akan menemukan angka yang cukup besar. Iya nggak?

Contoh simpelnya seperti ini:

Anda hanya memiliki satu kendaraan saja, yaitu kendaraan motor roda dua (sepeda motor). Dalam seminggu, katakan lah anda melakukan pengisian sebanyak 3 kali, dengan jumlah pengisian masing-masing 3 liter. Kalau dijumlahkan, dalam satu minggu itu anda membutuhkan sekitar 9 liter.

Kalau sebulan, totalnya akan menjadi : 9 liter x 4 (minggu) = 36 liter. Bagaimana dengan setahun? Untuk setahun, jika ditotal-total, maka jumlahnya adalah : 36 liter x 12 (bulan) = 432 liter.

Itu baru untuk satu kendaraan saja. Bagaimana kalau seluruh kendaraan di Indonesia yang dihitung? Bisa kebayang nggak banyaknya jumlah minyak yang dihabiskan?

Coba perhatikan gambar tabel di atas. Tabel tersebut menunjukkan jumlah kendaraan bermotor menurut jenisnya pada tahun 2015 yang lalu. Dari situ terlihat bahwasannya, jumlah keseluruhan kendaraan bermotor di Indonesia pada 2015 mencapai 121,39 juta unit.

Data Badan Pusat Statistik tersebut juga menunjukkan bahwasasannya, dari angka tersebut yang paling banyak adalah sepeda motor dengan jumlah 98,9 juta unit (81,5 persen). Kemudian diikuti oleh mobil penumpang dengan jumlah 13,48 juta unit (11,11 persen), mobil barang 6,6 juta unit (5,45 persen), serta mobil bis dengan jumlah 2,4 juta unit (1,99 persen).

Dengan jumlah yang banyak seperti itu, tak heran jika lama kelamaan sumber daya bahan bakar atau minyak kita semakin lama akan menjadi semakin berkurang bahkan habis. Belum lagi jumlah kendaraan tersebut terus meningkat setiap tahunnya.

Tabel berikut ini mungkin bisa membuat anda lebih yakin atau percaya akan hal tersebut.

Grafik di atas menunjukkan peningkatan jumlah kendaraan yang terus terjadi setiap tahunnya. Kalau tidak ada solusi untuk mengatasi masalah ini, maka kita harus bersiap-siap menghadapi krisis bahan bakar.  Kalau minyak ataupun energi alternatif lain tidak ada, otomatis kendaraan-kendaraan tidak akan bisa berjalan dan tak ada gunanya lagi.

Itu artinya, kita harus mengucapkan selamat datang kembali untuk zaman dimana kita hanya bisa berjalan kaki untuk mencapai tujuan tertentu, atau paling tidak ucapkan “welcome back” untuk sepeda anda. Kalau di negara-negara lain seperti Jepang misalnya, berjalan kaki dan bersepeda sudah menjadi hal yang biasa. Bagaimana dengan masyarakat Indonesia?

Untuk anda yang gengsi jalan kaki ataupun naik sepeda, sepertinya rasa khawatir anda kini bisa teratasi berkat penemuan energi atau bahan bakar alternatif yang telah berhasil diciptakan. Dengan kata lain, anda tetap bisa menggunakan sepeda motor atau mobil untuk melakukan aktivitas anda sehari-hari.

Tapi, anda harus memastikan kalau budget anda cukup untuk membeli kendaraan-kendaraan dengan bahan bakar alternatif ini. Jangan kira anda bisa memakai energi alternatif tersebut pada kendaraan lama anda. Anda mengertikan maksud kami?

Perkembangan Kendaraan dan Energi Alternatif

Salah satu solusi yang diciptakan manusia di zaman moderen seperti sekarang ini guna mengatasi masalah krisis bahan bakar atau energi kendaraan, adalah dengan menciptakan kendaraan yang bisa menggunakan energi alternatif, seperti sepeda motor atau mobil listrik misalnya.

Anda tentu sudah tidak asing lagi kan dengan kendaraan-kendaraan listrik ini? Untuk saat ini, mobil-mobil listrik sudah banyak sekali dan bukan lagi hal baru bagi masyarakat dunia.

Untuk di Indonesia, penggunaannya memang belum dikomersilkan secara luas dan belum begitu banyak pemakaiannya. Tapi di sejumlah negara yang lainnya, mobil ini sudah diterapkan penggunaannya. Bahkan sudah banyak sekali tempat-tempat pengisian energi alternatif yang sudah dibangun.

Bahkan hebatnya lagi, di China, sudah dibangun jalan yang bisa mengisi energi bahan bakar mobil ketika kendaraan mereka melaju di atasnya. Hebat sekali bukan? Sepertinya ide kreatif ini akan segera ditiru oleh negara-negara lainnya. Pasti sekarang anda merasa penasarankan dengan “jalan atau trotoar ajaib” ini?

Tenang saja, karena kami akan memberikan informasinya pada anda di penjelasan berikutnya atau pada artikel selanjutnya. Harap sabar ya guys.

Kendaraan Bahan Bakar Alternatif

Untuk mendorong masa depan yang lebih baik dan menghindari terjadinya krisis bahan bakar, manusia telah menciptakan sebuah inovasi baru dengan menciptakan kendaraan-kendaraan yang menggunakan energi alternatif, yang salah satunya adalah mobil listrik.

Selain hal ini akan jauh lebih menyenangkan, anda juga bisa lebih menghemat sebagian uang anda, karena anda tak lagi memerlukan bahan bakar minyak, yang harganya semakin hari semakin melambung. Hal tersebut juga akan membantu untuk mengurangi emisi karbon yang menyebabkan pencemaran lingkungan dan meningkatkan ketahanan energi nasional.

Mulai dari mobil listrik dan kendaraan propana hingga bus dan truk bertenaga gas alam yang menggunakan biodiesel, sebagai pilihan kendaraan bahan bakar alternatif pun mulai dikomersilkan secara luas saat ini.

Bekerja dengan universitas, perusahaan sektor swasta dan Lab Nasional, Departemen Energi memberikan dukungan penuh untuk penelitian dan pengembangan bahan bakar alternatif dan teknologi kendaraan, dengan tujuan untuk menyediakan pilihan kendaraan yang hemat biaya bagi para konsumen.

Melalui Program Kota Bersih, Departemen membantu masyarakat setempat dengan menghimbau agar mereka mau mengurangi konsumsi minyak mereka dengan menggunakan kendaraan bahan bakar alternatif dan infrastruktur yang diperlukan untuk bahan bakar mereka.

Jenis-Jenis Bahan Bakar Alternatif

Sampai dengan saat ini, ada lebih dari selusin bahan bakar alternatif yang sedang dalam proses produksi atau sedang dikembangkan untuk digunakan pada kendaraan berbahan bakar alternatif dan kendaraan teknologi canggih.

Armada kendaraan pemerintah dan sektor swasta adalah pengguna utama untuk sebagian besar bahan bakar dan teknologi tersebut. Akan tetapi, tampaknya kini banyak konsumen individu yang semakin tertarik dengan hal ini.

Menggunakan bahan bakar alternatif serta kendaraan canggih sebagai pengganti bahan bakar dan kendaraan konvensional untuk saat ini dinilai sangat membantu, terutama bagi Amerika Serikat dalam menghemat bahan bakar dan menurunkan emisi kendaraan.

Apa sajakah bahan bakar alternatif yang saat ini sudah tersedia atau sedang dalam tahap proses perkembangan yang tadi dimaksud di atas? Ini dia jawabannya.

  • Biodiesel : Bahan bakar terbarukan yang dapat diproduksi dari minyak nabati, lemak hewani, atau minyak goreng daur ulang, yang bisa digunakan untuk kendaraan diesel.
  • Hidrogen : Bahan bakar alternatif bebas emisi, yang dapat dihasilkan dari sumber daya domestik, untuk digunakan dalam kendaraan berbahan bakar sel (fuel cell), yaitu sel elektokimia yang bisa mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Bahan bakar sel ini berbeda dari baterai yang membutuhkan sumber bahan bakar dan oksigen yang berkelanjutan.
  • Listrik : Ini bisa digunakan untuk menyalakan kendaraan listrik plug in, yang semakin tersedia dimana-mana. Hibrida menggunakan listrik untuk meningkatkan efisiensi.
  • Gas Alam : Bahan bakar gas dalam negeri yang melimpah dan memiliki keuntungan biaya bahan bakar yang signifikan dibandingkan dengan bensin dan solar.
  • Etanol : Adalah bahan bakar terbarukan yang digunakan secara luas, yang terbuat dari jagung dan bahan tanaman lainnya. Ini dicampur dengan bensin agar bisa digunakan untuk kendaraan.
  • Propana : Bahan bakar gas siap pakai, yang telah banyak digunakan untuk kendaraan di seluruh dunia selama beberapa dekade.

Itulah beberapa contoh dari energi alternatif yang bisa digunakan sebagai bahan bakar pengganti minyak untuk bebera jenis kendaraan yang ada saat ini. Selain yang telah disebutkan di atas, beberapa pihak tertentu juga tengah mempersiapkan jenis energi alternatif lain yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif.

Berhasil atau tidaknya mereka menciptakan energi tersebut, kita hanya bisa melihatnya nanti, setelah hal tersebut benar-benar sudah ada di depan mata. Sepertinya hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait dengan informasi perkembangan penggunaan bahan bakar alternatif yang ada saat ini.

Semoga saja informasi ini bisa bermanfaat untuk anda. Ya, mana tahu setelah membaca artikel ini anda mulai melakukan ancang-ancang untuk membeli mobil listrik atau sepeda listrik yang lebih ramah lingkungan dan juga ramah kantong pastinya. Tapi sebelum kami mengakhiri penjelasan ini, ada sedikit informasi lai yang ingin kami sampaikan.

Ini bukan informasi yang aneh-aneh kok. Malah ini bisa membantu anda kalau memang anda sudah memutuskan untuk membeli kendaraan listrik.

Ingat, ketika mencari kendaraan, pertama sekali anda harus menilai kisaran harga dan persyaratan mengemudi yang anda inginkan (misalnya, jumlah kursi, ruang kargo) dan kemudian memutuskan model mana yang paling pas untuk anda. Pemilihan kendaraan listrik adalah pilihan yang tepat, karena kendaraan ini menyenangkan, praktis dan punya banyak kelebihan lainnya.

Karena jaringan listrik tersedia hampir di mana saja, ada berbagai opsi yang bisa anda pilih untuk mengisi dayanya, seperti misalnya di rumah, di tempat kerja atau di jalan.

Hampir semua kendaraan listrik memiliki sekitar 80 hingga 100 mil jangkauan, tetapi perlu diisi ulang setelah mencapai jarak atau titik tersebut (Beberapa kendaraan mewah bertenaga listrik memiliki jangkauan hingga 250 mil).

Jika kisaran ini tidak mencukupi, plug in kendaraan hybrid mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Kendaraan listrik hibrida plug-in memang hanya memiliki jarak tempuh sekitar 6 hingga 40 mil saja, tetapi anda bisa menjalankannya dengan bensin saat baterai habis.

Jadi gimana nih? Sudah tahu mana jenis atau tipe kendaraan energi alternatif yang anda inginkan atau yang paling sesuai untuk anda? Kalau sudah ada yang pas di hati yang kemudian sesuai dengan budget anda, tunggu apa lagi?